Danachristinepramitha's Blog

Arti Sebuah Musik

Posted on: April 1, 2011

Pada juli 1965 merilis “like a rolling stone.lagu ini segera mencapai posisi 2 di tangga lagu USA dan 4 di inggris.berdurasi 6.13 menit lagu ini memiliki pengaruh luas dalam tatanan musik pop. Majalah musik amerika rolling stone mendaulat lagu ini sebagai lagu rock n roll terbaik sepanjang zaman. Sepanjang sejarah, kita mencatat sejumlah individu, sejumlah pribadi, yang mengukir namanya dengan tinta emas.

 

Mereka turut membentuk sejarah, mewarnai peradaban manusia dengan kiprah mereka. Adanya mereka berbeda dengan tiadanya mereka. saat peresmian Bob Dylan sebagai salah seorang yang berhak masuk dalam The Rock & Roll Hall of Fame, musisi kenamaan Bruce Springsteen menyatakan dalam orasinya bahwa, ”Bob telah membebaskan pikiran kita seperti halnya Elvis membebaskan tubuh kita dengan lagu-lagunya… Ia telah mengubah wajah rock and roll untuk selamanya.” Menariknya disini, Rebecca menyandingkan Taufiq Ismail dengan Bob Dylan, pemain musik folk dari Amerika, yang karya-karyanya juga lahir setelah perang dan membawa pembebasan. Karya-karya Taufiq dan Dylan menjadi wakil sejarah perang dan pembebasan, dan menjadi penting di negaranya masing-masing.

 

Sehingga bisa dikatakan posisi Taufiq Ismail dalam sastrawan dunia merupakan penyair pembebasan yang karyanya sebanding dengan yang terdapat dalam bahasa dan budaya lain. Bob Dylan mengatakan “The answer, my friend, is blowing in the wind.” Jawabannya ada pada kita semua, berhembus ikut angin dan harus kita tangkap senditri. Orang bisa minum banyak obat untuk kuat jalan, tapi sebenarnya yang menyembuhkan penyakit kaki adalah semangat untuk bisa berjalan. Semangat itu bisa ditemukan dalam diri sendiri dengan bantuan orang yang peduli. Like a rolling stone dari album highway 61 revisited.direkam 16 juni dan dirilis lagu ini masuk chart 4 hari kemudian. Jika liriknya merusak semua aturan penulisan lagu saat itu.

 

Musiknya sendiri menjadi megah dibuka oleh suara organ yang oleh bruce sprinsteen disebuat bagai pukulan snare yang terdengar seperti seseorang yang menendang pintu menuju otak sampai terbuka.ekspresifnya gitar yang bersahuta dengan organ, dibarengi oleh suara anaka muda yang berteriak dengan fasih, menggertak dan demikian sinis. Dan teriakan how does it feel yang berulang-ulang. Awal lagu-proses penciptaan-lirik-lirik-kmentar Dylan sendiri-perjalanan-lagu-pengaruh-pengaruh-kesimpulan-komentar pribadi. Dengan benyaknya program sampah..musik dylan masih relevan,tapi pertanyaannya adalah seberapa banyak anak muda yang mendengarkan karyanya..jawabannya is blowin in the wind, my friend. Tapi arti sebuah musik adalah tidak hanya sekedar pencarian terhadap pelarian lowongan cari kerja. Tapi lebih dari itu untuk cari identitas dari suatu seni yang sangat tak terbatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • vin: Iya Mikha pacaran aja ama randy pangalila ya, kan sama-sama cocok, truz sama-sama berdarah manado lagi.. ; )
  • Veliana lidia: Mikha itu serba bisa q takjub padanya dh cntik pintar bernyanyi dan bermain sinetron.q ngven bngt ma dia
  • DIAN PERMATA SARI: Muhammad Ridhuan IS THE BEST
%d blogger menyukai ini: